Cerita Legenda Rakyat Bergambar Dari Filipina

382 views

Cerita legenda rakyat bergambar dari Filipina ini memberitahu kita asal-usul bawang putih. Namun jangan dipercaya seratus persen yah adik-adik ini adalah dongeng rakyat yang diceritakan turun-temurun. Selamat membaca.

Cerita Legenda Rakyat Bergambar  : Asal-Usul Bawang Putih (Filipina)

Di sebuah desa, ada seorang perempuan yang memiliki anak yang sangat cantik. Kecantikannya terkenal sampai ke penjuru negeri. Banyak sekali lelaki yang ingin memperistri gadis itu. Hingga suatu hari, ibunya menjodohkan sang gadis dengan seorang bangsawan.

Gadis itu sangat senang. Ia pun dibawa ke rumah bangsawan itu bersama sang ibu. Mereka hidup dengan bahagia dan tak berkekurangan.

Tetapi, banyak lelaki yang masih menginginkan gadis itu. Ada seorang pemuda yang berusaha membunuh suami gadis itu. Dan akhirnya suami gadis itu pun meninggal.

Sungguh sedih hati gadis itu. Kini, ia kembali hidup hanya dengan ibunya. Pemuda yang membunuh suami gadis itu hendak mempersuntingnya. Namun, budak sang bangsawan tak terima. Ia masih ingat dengan kebaikan tuannya. Budak bangsawan itu pun akhirnya membunuh lelaki yang telah membunuh majikannya itu.

Gadis itu menjadi sangat sedih. Banyak nyawa yang hilang akibat kecantikannya. Kemudian ia berkata kepada ibunya,"Ibu, aku akan kembali ke desa. Aku akan hidup di sana dengan damai."

Sang ibu setuju. Setelah berkemas-kemas, mereka berdua pun segera pulang ke desa. Namun, gadis itu masih tetap bersedih. Rupanya masih banyak lelaki yang memperebutkannya. Kemudian ia pun memohon kepada dewa.

"Ambillah nyawaku, Dewa. Daripada banyak nyawa yang mati karenaku," ujar gadis tersebut.

Dewa mengabulkan permintaan gadis itu. Gadis itu pun mati, lalu dikubur di belakang rumah. Ibunya sangat sedih dengan kematian gadis itu. Sang Ibu terus menangis di kuburan anaknya, hingga air matanya membasahi kuburan itu.

Beberapa bulan kemudian, tumbuhlah rumput di atas kuburan gadis itu. Ibunya pikir itu adalah rumput benalu yang tak berguna. Ia pun membersihkan rumput itu. Tetapi anehnya, saat ia mencabut rumput itu, seperti ada suara yang memanggilnya.

Cerita Legenda Rakyat Bergambar

Cerita Legenda Rakyat Bergambar

"Ibu, itu adalah gigi anakmu," ucap suara itu.

"Terima kasih, Dewa. Akhirnya ada sesuatu yang bisa dijadikan kenangan dari putriku," ujar sang Ibu.

Ibu gadis itu sangat senang. Ia lalu menanam rumput itu di depan rumahnya. Ia merawat dengan baik rumput itu, dan sekarang dikenal sebagai bawang putih.

Pesan moral dari Cerita Legenda Rakyat Bergambar  adalah jadilah anak yang berguna bagi orang lain

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.