Cerita Hewan Singkat : Serigala dan Anjing Penggembala

Banyak sekali cerita hewan singkat yang menceritakan mengenai perseteruan antara serigala dan anjing penggembala. Pada hari ini Kakak akan menceritakan salah satu diantara cerita pendek hewan tersebut.

Cerita Hewan Singkat (Fabel) : Kisah Empat Ekor Serigala dan Empat Ekor Anjing Penggembala

Suatu hari disebuah peternakan kambing. Empat ekor anjing terlihat menjaga para kambing dengan penuh waspada, mereka selalu mengawasi kambing itu dari ancaman serigala-serigala yang turun dari gunung untuk memburu kambing-kambing ternak itu. Empat ekor anjing itu melihat empat ekor serigala sedang melihat kambing-kambing ternak dari kejauhan dengan sigap mereka berdiri dan berisap mengusir para serigala itu.

Namun para serigala itu hanya berjalan dan seolah-olah menonton kambing-kambing ternak itu dan para anjing pun melihatnya dengan heran tetapi mereka tetap waspada meskipun para serigala tidak terlihat agresif namun tetap saja para serigala bisa menyerang para kambing ketika mendapat kesempatan.

Cerita Hewan Singkat Serigala dan Anjing Penggembala

Cerita Hewan Singkat Serigala dan Anjing Penggembala

Sore telah tiba dan para anjing menggiring kambing-kambing ternak itu masuk kedalam kandang, serigala-serigala itu tetap saja masih ada namun mereka hanya berjalan kesana kemari sambil bermain-main, hal ini membuat para anjing mesara kebingungan. Setelah selesai para anjing menggiring kambing-kambing ternak itu serigala itupun pergi ke arah gunung tempat dimana mereka muncul dan para anjingpun kini bisa tidur dengan nyenyak.

Keesokan harinya para anjing menggiring kambing-kambing itu memakan rumput disebuah lapangan yang sengaja dibuat oleh petani sebagai tempat kambing mencari makanan. Saat siang telah tiba dua ekor serigala turun dari gunung kini mereka mendekati para kambing itu namun dua ekor sergiala itu tidak terlihat gelagat untuk menyerang para kambing.

Para anjing kini mendekati salah satu serigala “apa yang sebenarnya kau lakukan?” Tanya sang anjing “kami hanya bermain-main disini” jawab sang serigala “apa kau berniat untuk memakan para kambing itu?” Tanya lagi sang anjing “perut kami sudah kenyang di atas gunung sana, kami hanya ingin bermain disini dengan mengguling-gulingkan badan pada rumput dan tanah yang kering ini.” jawab sang serigala itu dengan santai “jika kau mau bermain dengan kami bergabunglah kalian tenang saja kambing-kambing kalian akan aman disana” ajak serigala dengan penuh keyakinan. Sang anjing tidak begitu percaya kepada sang serigala namun dia berpikir akan sangat menyenangkan jika berguling-guling ditanah kering dan berdebu.

Keesokan harinya para anjing kembali menggiring kambing-kambingnya dan saat itu hanya seekor serigala yang datang ke tempat itu dan dia pun langsung berguling-guling sambil bermain sendiri, para anjing melihatnya dengan asik mereka ingin sekali melakukan hal itu namun mereka harus menjaga kambing-kambing ternak ini. Hingga salah satu anjing yang pernah berbicara dengan salah seekor serigala mendatangni serigala “apa kau sudah kenyang hari ini?” Tanya sang anjing “ya, aku sangat kenyang hari ini, apa kau mau mencoba berguling disini”. pinta sang serigala, akhirnya sang anjing kini mengguling-gulingkan badannya, dia senang sekali dengan kegiatan itu dan karena asiknya, dia memanggil ketiga temannya untuk berguling dan bermain bersama. Meskipun hanya beberapa saat para anjing itu meninggalkan tugasnya, tiga ekor serigala menerkam beberapa ekor kambing dan membawanya ke gunung.

Mereka telah sadar sudah melalaikan tugasnya dan telah tertipu karena ajakan sang serigala, kini mereka harus menyesal karena kehilangan beberapa kambing-kambing ternak.

Pesan moral dari Cerita Hewan Singkat Fabel Serigala dan Anjing Penggembala adalah janganlah kita lengah pada saat menjalankan tugas. Tetap semangat dan menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh maka hasilnya pun akan maksimal.

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.