Cerita Dongeng Singkat Fabel dari Yunani

282 views

Dongeng singkat fabel yang kami miliki sangatlah banyak. Sebagian diantaranya adalah cerita rakyat dari Yunani. Dongeng hewan kali ini sangat menarik dan memiliki pesan moral yang sangat baik. Yuk kita simak bersama.

Dongeng Singkat Fabel : Rubah Dan Babi Hutan

Ada seekor rubah yang suka sekali mengejek binatang lain. Apa pun yang ia lihat, pasti akan diejeknya. Teman-teman binatang tak menyukai perangainya.

Suatu hari, Rubah melihat babi hutan yang sedang mengasah taring. Rubah ingin sekali mengejek Babi hutan itu.

"Lebih baik aku pura-pura takut saja pada babi hutan. Biar dia merasa dirinya kuat," kekeh Rubah.

Sring... sring! suara taring babi hutan yang diasah. Rubah mendekati babi hutan. Ia berpura-pura takut.

"Oh, sungguh aku takut melihat babi hutan yang sedang mengasah taringnya," seru Rubah.

Babi Hutan tak menghiraukan ucapan Rubah. Ia sudah tahu bahwa rubah suka mengejek. Ia lebih memilih terus mengasah taringnya dari pada menghiraukan Rubah yang menurutnya tak penting.

Meskipun tak dihiraukan, Rubah tak habis akal. Ia kembali mencari ide untuk mengganggu Babi Hutan. Rubah mengelilingi Babi Hutan yang masih mengasah taringnya. Ia tertawa dan mengejek Babi Hutan.

"Hei, kau bodoh sekali! Untuk apa kau mengasah taringmu, sedangkan di sekitarmu tak ada musuh yang membahayakanmu," ucap Rubah.

Babi Hutan tetap diam. Lagi-lagi ia tak memedulikan Rubah yang sukanya mengejek itu.

"Kau sungguh tak sopan. Aku sedang mengajakmu berbicara," seru Rubah.

Rubah malah kesal dengan Babi Hutan. Padahal, dialah yang awalnya ingin membuat kesal Babi Hutan.

Tiba-tiba, Babi Hutan menghentikan pekerjaannya.

"Lebih baik kau pergi dari hadapanku sekarang juga, atau kau akan menjadi musuhku," balas Babi Hutan.

Mendengar hal itu, Rubah kembali tertawa. Ia tak menyangka bahwa Babi Hutan justru melawannya.

"Aku hanya bertanya kepadamu. Jawab saja, kau tak perlu marah-marah," ucap Rubah.

"Kau tahu, siapa yang sebenarnya bodoh di antara kita. Yang bodoh di antara kita adalah yang sibuk mengurusi urusan orang lain, dan tak memikirkan keburukan sifat dirinya," ucap Babi Hutan."Aku mengasah taringku agar saat ada musuh datang, taringku sudah tajam. Kau pikir, jika musuh datang secara tiba-tiba, aku akan sempat mengasah taringku?" tanya Babi Hutan.

Mendengar jawaban Babi Hutan, Rubah terdiam. Benar yang dikatakan Babi Hutan. Lihatlah diri sendiri sebelum menilai orang lain.

Pesan moral dari Dongeng Singkat Fabel : Rubah Dan Babi Hutan adalah sifat suka mengejek hanya akan membuatmu dibenci oleh teman-temanmu.

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.