Cerita Dongeng Sebelum Tidur Untuk Anak dari Inggris dan Prancis

Cerita dongeng sebelum tidur untuk anak yang akan kakak ceritakan malam hari ini berasal dari Eropa yaitu dari negara Inggris dan Prancis. Kedua negara ini memang terkenal memiliki cerita anak yang sangat menarik. Dua cerita anak sebelum tidur ini adalah contohnya.

Dongeng Sebelum Tidur Untuk Anak : Alice Dan Peri (Inggris)

Alice tinggal dengan saudaranya yang jumlahnya sangat banyak. Hal itu membuatnya kekurangan makanan.

Alice dan saudara-saudaranya hidup sangat miskin. Setiap hari mereka hanya mencari ikan di laut.

Alice bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan makannya. Ia memang gadis yang baik. Ia tak memikirkan dirinya sendiri. Bahkan, lihatlah, tubuh Alice sangat kurus dan tak terawat.

Melihat hal itu, seorang peri merasa kasihan kepada Alice. Peri itu kemudian menemui Alice. Peri memberikan ikan ajaib kepada Alice.

"Aku tahu, kau gadis yang baik. Aku hadiahi kau seekor ikan ajaib. Kau boleh memakan ikan ini. Namun. kau tak boleh memakan tulangnya," ucap Peri.

Cerita Rakyat Belanda Dongeng Tentang Peri

"Jika kau merasa kesulitan. Tulang ikan ini akan mengabulkan satu permintaanmu. Maka, gunakanlah kesempatan itu, ketika kau benar-benar merasa tak bisa menyelesaikan masalahmu.” ucap Peri.

Alice mengerti. Kemudian ia membawa ikan itu ke rumah dan memasaknya. Ikan itu ia makan dengan saudaranya. Namun, Alice tak memakan tulang ikan itu. Ia menyimpan tulang ikan ajaib itu.

Hari-hari pun berlalu. Hidup Alice dan saudaranya sangat sulit. Mereka melalui hari-hari dengan kerja keras. Mereka juga sering tak mendapatkan makanan.

Namun demikian, Alice selalu bisa menyelesaikan masalah itu. Sebenarnya ia ingin meminta bantuan pada tulang ikan ajaib miliknya. Tetapi, ia selalu berusaha menyelesaikan masalahnya tanpa bantuan itu.

Hingga hari itu tiba. Alice memiliki masalah yang ia sendiri tak bisa menyelesaikannya. Dengan terpaksa, ia mengeluarkan tulang ikan ajaibnya. Alice pun meminta sebuah permintaan. Peri baik hati itu muncul lagi.

"Aku senang kau bisa menghadapi semua masalahmu dengan baik. Rupanya kau sudah semakin dewasa dan menjadi gadis bijak. Aku akan memenuhi permintaanmu," ucap peri itu.

Seketika Alice mendapatkan apa yang dia inginkan. Peri itu juga mempertemukan Alice dengan seorang lelaki. Lelaki itu jatuh cinta dengan Alice. Dia adalah lelaki yang kaya. Maka setelah menikah, hidup Alice dan saudaranya pun tak berkekurangan lagi.

Pesan moral dari Dongeng Sebelum Tidur Untuk Anak : Alice Dan Peri (Inggris) adalah berusahalah untuk menyelesaikan masalahmu sendiri. Dengan begitu, kau bias menjadi orang yang mandiri, bijak, dan dewasa.

Cerita Pengantar Tidur : Berbicara Pada Saat Yang Tepat (Prancis)

Seorang anak sedang bermain di pinggir sungai. Saat tengah asyik bermain anak itu tak sadar menginjak kayu yang anak rapuh. Byurr! Anak itu pun jatuh ke sungai. Olala... ia tak bisa berenang. Untunglah ada sepotong kayu yang terseret arus.

Anak itu meraih sepotong kayu itu, lalu dia teriak meminta bantuan.

"Tolong...! Tolong aku.” teriak anak itu.

Untunglah ada temannya yang mendengar. Temannya langsung menghampiri dan menolong anak tersebut. Namun, teman anak kecil itu sangat bawel. Ia sangat suka menasihati.

 

 

"Terima kasih telah menolongku," ucap anak itu.

"Harusnya kau tak bermain di pinggir sungai. Bukankah kau tahu, kau itu tak bisa berenang. Coba jika tadi aku tak datang, kau pasti sudah hanyut terbawa arus sungai," ucap temannya.

Mereka terus saja berjalan menuju rumah. Dalam perjalanan, teman anak kecil itu terus mengoceh. Anak kecil itu tak mendengarkannya. Bagaimana ia mau mendengarkan, badannya menggigil kedinginan akibat terlalu lama berada di dalam air.

"Besok jangan sekali-kali bermain di sungai lagi. Atau jika kau ingin bermain di sungai, setidaknya kau harus belajar berenang dulu supaya kau tak terbawa arus sungai seperti tadi," ucap teman anak kecil itu.

Temannya terus saja berbicara. Padahal, rumah mereka masih cukup jauh.

"Iya, akan aku dengar nasihatmu. Tetapi, kau menasihatiku pada saat yang tidak tepat. Harusnya kau meminjamkan jaket yang kau pakai, Aku kedinginan dari tadi," ucap anak kecil itu, menggigil.

Teman anak kecil itu merasa malu. Rupanya karena terlalu banyak bicara, ia tak melihat bahwa anak kecil itu kedinginan. Ia justru sibuk menasihatinya. Olala....

"Pakailah, maafkan aku,"ucap teman anak kecil itu seraya menyerahkan jaketnya.

Mereka berdua pun kembali berjalan menuju rumah. Kali ini, teman anak itu tak banyak bicara lagi.

Pesan moral dari Cerita Pengantar Tidur : Berbicara Pada Saat Yang Tepat (Prancis) adalah menasihati teman memang perlu. Tapi, jangan terlalu berlebihan, sebab hal itu akan membuat dirimu jadi menyebalkan.

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.