Cerita Dongeng Anak Sedunia Dari Rusia

2900 views

Dongeng anak sedunia yang akan kakak dongengkan pada hari minggu ini adalah cerita rakyat dunia dari Rusia. Banyak sekali dongeng anak bergambar dari seluruh dunia yang sudah kakak posting, semuanya mengandung pesan moral yang baik untuk adik-adik temukan dan pelajari. Penasaran dengan dongeng anak sebelum tidur dari Rusia yang akan kakak ceritakan pagi hari ini. Yuk kita sama-sama membacanya.

Cerita Dongeng Anak Sedunia : Kisah Pangeran Ivan

Cerita Dongeng Anak Sedunia Dari Rusia

Cerita Dongeng Anak Sedunia Dari Rusia

Dongeng Rusia : Pangeran Ivan Dan Burung Merak Api

Dahulu kala, hiduplah seorang tsar (raja) yang mempunyai tiga orang putra. Putra bungsunya bernama Pangeran Ivan.

Tsar punya sebuah pohon apel emas di taman istananya. Suatu kali, tersiar kabar ada yang mencuri apel emas. Tsar menugaskan anak-anaknya untuk menjaga apel emas dan menangkap pencurinya.

Putra tertua pergi menjaga apel ajaib. Tapi, justru ia tertidur di rerumputan. Paginya, tsar bertanya, "Apakah engkau melihat pencurinya?'

"Aku berjaga semalaman, tapi aku tidak melihatnya," kata putra tertua berbohong.

Hari berikutnya, putra kedua yang diberi tugas menjaga apel ajaib. Tapi, ia juga tertidur. Saat ditanya tsar, ia juga berbohong seperti kakaknya.

Kini giliran Pangeran Ivan menjaga apel ajaib. la ketakutan sekali berjaga malam, tapi ia berusaha keras agar tidak tidur. Tiba-tiba, saat tengah malam, ia melihat sebuah cahaya di langit. Cahaya itu lama-lama semakin mendekati pohon apel.

Cahaya itu ternyata seekor burung merak api. la hendak memakan apel emas. Pangeran Ivan mengejar burung merak api. Sayangnya, ia hanya berhasil mencabut sehelai ekornya.

Paginya, Pangeran Ivan menemui tsar. "Ayah, aku melihat pencurinya. Tapi, aku gagal menangkapnya. Pencurinya adalah seekor burung merak api," kata Pangeran Ivan.

Walaupun gagal menangkap pencurinya, tsar sangat bangga pada Pangeran Ivan. la memuji Pangeran Ivan yang sudah bersungguh-sungguh menjalankan tugasnya.

Pesan Moral dari Cerita Dongeng Anak Sedunia : Kisah Pangeran Ivan adalah Jadilah anak pemberani dan Iaksanakan tugasmu dengan sungguh-sungguh. Jangan berbohong jika memang kamu melakukan kesalahan. Akuilah kesalahan itu dan mintalah maaf

Dongeng Anak Sedunia Bergambar : Kisah Pangeran Ivan 2

Dongeng Anak Sedunia Bergambar Kisah Pangeran Ivan 2

Dongeng Anak Sedunia Bergambar Kisah Pangeran Ivan 2

Cerita Rakyat Rusia : Pangeran Ivan Dan Serigala Abu-Abu

Tsar (raja) memerintahkan tiga putranya untuk menangkap burung   merak api yang telah mencuri apel emas. Tiga pangeran putra Tsar pergi ke tiga arah berbeda.

Pangeran Ivan berkuda ke arah barat. Setelah lama berkuda, Pangeran Ivan kelelahan. la tertidur di bawah sebuah pohon. Saat bangun, betapa kagetnya ia melihat kudanya telah hilang.

"Bagaimana nasibku tanpa kuda," pikirnya. la pun terpaksa melanjutkan perjalanan dengan ber jalan kaki.

Lama-lama kakinya terasa sangat pegal. la pun duduk di tanah. Tiba-tiba, datang seekor serigala abu-abu titisan dewa. "Ada apa denganmu, Pangeran Ivan?" tanya serigala abu-abu.

"Oh, serigala yang baik. Kudaku hilang dan kakiku pegal karena berjalan jauh," jawab Pangeran Ivan.

"Maafkan aku. Akulah yang telah memakan kudamu. Tapi jangan khawatir, aku akan mengganti kan kudamu. Kau bisa gunakan aku sebagai tunggangan. Kemana tujuanmu, Pangeran Ivan yang baik," tanya serigala.

"Ayahku menyuruhku menangkap burung merak api," jawab Pangeran Ivan.

"Ah, kebetulan sekali. Aku tahu di mana sarang burung merak api. Naiklah ke atas punggungku. Aku akan membawamu ke sana," kata serigala.

Pangeran Ivan naik ke punggung serigala. Mereka terbang menembus hutan dan melewati sungai. Tidak lama, mereka tiba di sebuah kastil di atas tebing.

"Masuklah ke dalam kastil itu diam-diam. Saat ini, para penjaga sedang tidur. Burung merak api ada di sangkar emas. Tangkap dan letakkan burung itu di dadamu agar tidak bersuara," kata serigala abu-abu.

Pangeran Ivan melakukan petunjuk serigala. Tidak lama, ia keluar membawa burung merak api. Secepat kilat serigala mengantarkan Pangeran Ivan pulang ke istana.

Tsar bangga pada Pangeran Ivan yang berhasil menjalankan tugas, sedangkan dua kakaknya tidak berhasil. Walaupun Pangeran Ivan adalah anak terkecil, tapi kemampuannya tidak bisa dianggap remeh.

Pesan Moral dari Dongeng Anak Sedunia Bergambar : Kisah Pangeran Ivan 2 adalah jalankanlah perintah orangtuamu dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. Lakukan dengan kerja keras Pasti orangtuamu akan senang dan bangga

Baca Kumpulan dongeng anak sedunia lainnya pada artikel berikut ini Cerita Rakyat Dunia (Kumpulan Dongeng Dunia) dan Kumpulan Dongeng Anak Sebelum Tidur Terpopuler

 

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.