Dua Cerita Binatang dari Buku Dongeng Anak Anak

Semua buku dongeng anak anak yang kami miliki berisi bukan hanya cerita binatang namun juga legenda serta cerita rakyat yang populer di masyarakat. Pada malam hari ini kakak akan bercerita dua dongeng fabel yang sangat populer dari India. Semoga kalian menyukainya.

Cerita Dua Anjing Yang Tersesat Dari Buku Dongeng Anak Anak India

Dua ekor anak anjing sedang bermain-main. Mereka saling berkejaran hingga tak sadar bahwa mereka sudah terlalu jauh masuk ke dalam hutan,

Sementara itu, hari sudah semakin sore.

"Bagaimana ini sebaiknya? Apa kita pulang saja? Sebentar lagi akan gelap," ujar anjing pertama.

"Sebaiknya kita pulang. Aku tidak mau ibu khawatir dengan keadaan kita.” balas anjing kedua.

Rupanya percakapan mereka didengar oleh Serigala. Serigala itu berniat untuk memangsa kedua anak anjing. Tetapi, kaki Serigala itu baru saja terkilir. Ia tak mungkin kuat melawan anjing anjing tersebut. Maka Serigala kemudian mendekati kedua anak  anjing itu dan berpura-pura baik.

Dua Anjing Yang Tersesat Dari Buku Dongeng Anak Anak India

Dua Anjing Yang Tersesat Dari Buku Dongeng Anak Anak India

"Lebih baik kalian bermalam saja dulu di rumahku. Rumahku sangat nyaman. Besok pagi baru kalian pulang. Kalau malam begini banyak binatang buas yang berkeliaran," bujuk Serigala.

"Kalian tahu kan, nenek moyang kita masih sama," lanjut Serigala."Jadi tenang saja, aku tak mungkin mencelakai kalian. Kalian masih saudaraku,"

Anjing pertama tergiur dengan bujukan Serigala.Tapi tidak dengan anjing kedua. Ia tahu bahwa serigala memiliki watak yang sangat licik.

"Benar juga yang kau katakan, Serigala," ujar anjing pertama.

Anjing kedua segera mendekati anjing pertama. Ia meminta anjing pertama untuk tidak percaya begitu saja kepada Serigala.

"'Kau jangan tergiur dengan perkataan manis Serigala," bisik anjing kedua kepada anjing pertama. ""Kau lihat, kaki Serigala sedang sakit. Makanya ia tak berani menerkam kita. Tapi jika kita pergi ke rumahnya, aku yakin dia dan saudara-saudaranya akan mencelakai kita."

“Jadi bagaimana? Apa kalian jadi menginap di rumahku?" tanya Serigala, penuh harap.

Anjing pertama akhirnya sadar setelah dibujuk anjing kedua. Kedua anjing berkata kepada

Serigala bahwa mereka memutuskan untuk segera pulang. Mereka akan saling menjaga agar terhindar dari bahaya. Tentu saja Serigala merasa kecewa karena tak berhasil mendapatkan buruannya.

Pesan moral dari Dua Anjing Yang Tersesat Dari Buku Dongeng Anak Anak India adalah jangan mudah percaya dengan orang yang belum kita kesal.

Cerita Binatang : Siasat Serigala (India)

Setiap hari tiga ekor kuda selalu makan rumput bersama. Mereka memang sangat akur. Ya, mereka adalah saudara. Kekompakan mereka membuat harimau geram. Harimau ingin sekali menikmati daging kuda. Namun, selama ketiga kuda itu tetap bersama, harimau tidak akan bisa memangsa mereka. Itu karena ketiga kuda terlalu kuat jika dilawan sendirian oleh harimau.

Harimau lalu memanggil sahabatnya, serigala. Ia meminta saran kepada serigala untuk memisahkan ketiga kuda itu.

"Agar aku mudah menangkapnya," jelas Harimau.

"Tenang saja temanku. Aku akan membuat mereka terpecah-belah," balas Serigala. Kemudian Serigala melancarkan siasatnya. ia bersembunyi di semak-semak di dekat para kuda biasa menikmati rumput.

Cerita Binatang : Siasat Serigala

Cerita Binatang : Siasat Serigala

Tidak lama kemudian, ketiga kuda itu datang. Seperti biasa, mereka menikmati rumput di tempat masing-masing. Saat sedang asyik menikmati rumput, Serigala membisikkan sesuatu kepada salah satu kuda.

"Hei, selama ini kau dibodohi oleh saudara-saudaramu. Saudaramu selalu makan rumput yang enak dan segar, sementara kau memakan rumput yang tak enak."

Namun kuda tak menggubrisnya. Ia tahu bahwa serigala hanya ingin memisahkannya dengan saudaranya. Tapi Serigala tak putus asa. Ia mencoba kembali memengaruhinya.

"Kalau kau tak percaya, besok pagi-pagi sekali kau ke sini. Rasakan rumput yang biasa kau makan dan yang biasa saudaramu makan. Rasanya sangat berbeda,"ucap Serigala.

Kuda mulai tergiur dengan apa yang dikatakan oleh Serigala. Maka keesokan paginya, ia pergi ke padang rumput itu. Ia memakan rumput di tempat biasanya saudaranya makan.

"Ternyata benar apa yang dikatakan oleh Serigala. Rumput milik saudaraku Iebih segar dari rumput yang biasa aku makan," batin Kuda.Tentu saja, sebab pada pagi hari, rumput akan terasa lebih segar karena adanya embun.

Akhirnya kuda itu memilih untuk memisahkan diri dari saudaranya. Sementara itu, Serigala membujuk kuda lain dengan siasat yang sama. Lama-kelamaan mereka percaya sehingga kemudian memilih untuk mencari makan sendiri-sendiri.

Serigala berhasil membuat ketiga kuda itu terpisah. Serigala segera menemui Harimau dan melaporkan semuanya. Betapa gembiranya Harimau. Ia langsung mencari kuda-kuda itu. Karena kuda itu terpisah, Harimau pun bisa memangsa mereka dengan mudah.

Pesan moral dari Cerita Binatang : Siasat Serigala (India) adalah berprasangkalah yang baik kepada saudaramu. Jangan mudah terhasut oleh omongan teman yang tak baik.

 

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.