Cerita Anak Dunia sebagai Dongeng Pengantar Tidur

4987 views

Dongeng pengantar tidur yang kakak posting kali ini merupakan cerita anak dunia yang sangat populer. Di negara aslinya cerita anak pendek ini sudah dikenal hampir seluruh anak-anak yang tinggal disana. Kali ini kakak akan menceritakan 3 cerita rakyat yang berasal dari negara India dan Inggris sebagai dongeng sebelum tidur malam nanti. Selamat membaca.

Dongeng Pengantar Tidur : Kelinci Penakut Biang Kehebohan

Dongeng sebelum tidur dari INDIA

Dongeng Pengantar Tidur Kelinci Penakut Biang Kehebohan

Dongeng Pengantar Tidur Kelinci Penakut Biang Kehebohan

Seekor kelinci hidup di hutan. Rumahnya berada tepat di kaki sebuah pohon vilva (pohon khas di India). Saat sedang bersantai, ia iseng-iseng berpikir, "Jika tanah ini hancur, apa jadinya aku ya?"

Pada saat bersamaan, ada buah vilva jatuh di atas daun palem kering. "Krakk ...," Suaranya seperti tanah pecah. Kelinci kaget, "Ah, tanah telah pecah! Bumi akan hancur!" Lalu, ia berlari sekencang-kencangnya menuruni gunung.

Beberapa kelinci lain bertanya, "Ada apa?"

"Tanah di sini mulai runtuh!" kata si kelinci hutan. Akhirnya, kelinci-kelinci itu pun ikut berlari.

Binatang lain yang melihat kelinci-kelinci berlari menanyakan apa yang terjadi. Setelah tahu jawaban kelinci, mereka ikut Iari. Tidak lama, seluruh binatang di dalam hutan berlarian menuruni gunung.

Seekor singa muda yang pintar melihat kejadian itu. la mencegat binatang yang lari.

"Ada apa ini?" tanya singa.

"Tanah retak, bumi akan hancur," seru beberapa binatang.

"Siapa yang melihat tanah runtuh?" tanya singa lagi.

"Kelinci yang melihatnya," kata mereka. "Benarkah tanah akan runtuh, Tuan Kelinci?" "Ya, saat sedang bersantai, aku mendengar suara bumi runtuh,"jawabnya.

"Aku akan menyelidikinya. Kalian diam di sini!" kata singa pada para binatang.

Singa muda dan kelinci hutan pun berangkat. "Ayo, tunjukkan padaku!" kata singa.

Kelinci menunjukkan tempat ia mendengar suara tanah runtuh. Namun, singa muda hanya melihat buah vilva jatuh di atas daun palem. Singa menunjukkan pada kelinci bahwa yang didengarnya bukan suara tanah runtuh, tetapi suara buah vilva yang jatuh di atas daun palem kering.

Singa muda pun mengajak kelinci kembali ke kawanan binatang yang Iain dan menceritakan duduk perkaranya. Semua binatang mencemooh kelinci yang penakut hingga membuat kehebohan. Kelinci pun tertunduk malu.

Singa muda menarik napas lega. Jika tidak dicegah, semua binatang pasti akan binasa masuk ke laut

Pesan moral dari Dongeng Pengantar Tidur : Kelinci Penakut Biang Kehebohan adalah jangan jadi anak penakut. Telitilah dulu kebenaran suatu hal sebelum menyampaikannya pada orang lain.

Dongeng Sebelum Tidur Kisah Jack Sang Pembunuh Raksasa

Dongeng Sebelum Tidur Kisah Jack Sang Pembunuh Raksasa

Dongeng Sebelum Tidur Kisah Jack Sang Pembunuh Raksasa

Cerita Rakyat INGGRIS

Dahulu kala, saat Raja Arthur berkuasa, di sebuah desa di Kota Cornwall, Inggris, hidup seorang anak muda bernama Jack. la adalah anak muda yang cerdik dan banyak akal.

Pada masa itu, di sebuah gua di Gunung Cornwall, berdiam raksasa jahat bernama Cormoran. Wajahnya seram sekali. la sering mencuri hewan ternak milik penduduk. Tidak ada orang yang berani melawannya. Akhirnya, penguasa Cornwall membuat sayembara untuk menghentikan Cormoran.

"Apa hadiah bagi orang yang bisa membunuh Cormoran?" tanya Jack.

"Hadiahnya harta karun milik raksasa itu," kata penguasa.

Jack segera pulang. la mengambil terompet, sekop, dan kapak besar. Lalu, pergi ke kaki gunung. la menggali tanah menggunakan sekop yang dibawanya.

Keesokan harinya, Jack selesai menggali lubang yang dalam. la menutup lubang itu dengan ranting pohon dan tanah.

Setelah itu, Jack berdiri di samping lubang itu dan meniup terompetnya dengan sekuat tenaga. "Toettt...toettttttt...!" Jack meniupnya berulang-ulang.

Suara terompet Jack membangunkan Cormoran. la marah sekali dan keluar dari gua.

"Hei makhluk kecil, kau telah menggangguku! Aku akan menangkap dan menjadikanmu sarapan pagi."

Cormoran berlari hendak menangkap Jack. Sesaat sebelum Cormoran bisa menangkap Jack, raksasa itu terperosok ke dalam lubang jebakan.

"Hei, Raksasa," seru Jack. "Apakah kau masih ingin menjadikanku sarapan?" tanya Jack lagi. Saat itu, Jack segera mengambil kapaknya dan membunuh Cormoran.

Setelah, Jack berhasil membunuh Cormoran. Penduduk Cornwall berterima kasih kepadanya. la pun dijuluki "Sang Pembunuh Raksasa" dan mendapatkan hadiah seluruh harta karun milik Cormoran yang tersimpan di dalam gua.

Pesan Moral dari

Dongeng Sebelum Tidur Kisah Jack Sang Pembunuh Raksasa adalah jadilah anak pemberani dan banyak akal. Gunakanlah akal pikiranmu dan jangan gunakan kekerasan untuk menyelesaikan suatu permasalahan

Cerita Anak Pengantar Tidur : Jack Dan Raksasa Blunderbore

Cerita Anak Pengantar Tidur Jack Dan Raksasa Blunderbore

Cerita Anak Pengantar Tidur Jack Dan Raksasa Blunderbore

Dongeng Rakyat dari INGGRIS

Kabar keberhasilan Jack membunuh Cormoran tersebar ke seluruh penjuru lnggris. Kabar itu juga sampai ke telinga raksasa lain bernama Blunderbore. Ia tinggal di sebuah kastil di tengah hutan belantara.

la bersumpah akan membalas kematian Cormoran. "Suatu hari, aku akan membalaskan kematian Cormoran," begitu sumpah Blunderbore.

Suatu ketika, Jack pergi ke Pulau Wales. Secara kebetulan, ia melewati hutan tempat kastil Blunderbore berada. Karena lelah, Jack beristirahat di pinggir sebuah danau.

Saat Jack tertidur, Blunderbore tiba-tiba muncul dari dalam danau. Blunderbore tahu bahwa orang yang sedang tertidur itu adalah Jack. Karena orang itu memakai ikat pinggang bertuliskan Jack Sang Pembunuh Raksasa.

Blunderbore pun menangkap Jack dan membawanya ke kastil. Lalu, ia disekap di sebuah kamar di bagian depan rumah. Blunderbore lalu pergi ke sumur untuk mengambil air yang akan ia pakai merebus Jack.

Jack sendiri sebenarnya sudah bangun saat ia dibawa Blunderbore. Tapi, ia menunggu saat yang tepat untuk menyelamatkan diri. Beberapa saat setelah Blunderbore pergi, Jack bangun dan mengintip lewat jendela. la melihat Blunderbore berjalan menuju kastil. Jack mencari akal untuk menyelamatkan diri.

Setelah melihat-lihat sekeliling kamar, Jack melihat seutas tali tambang di sudut kamar. Jack mengambil tali tambang itu, lalu membuat dua simpul di satu ujung tali, sementara ujung lainnya diikatkan pada gagang pintu.

Saat Blunderbore hendak membuka pintu depan, ia melewati jendela kamar tempat Jack disekap. Jack melemparkan tali tepat masuk ke kepala Blunderbore. Raksasa itu terkejut. la berlari hingga pintu kamar terbuka dan tali simpulnya mencekik Iehernya.

Dengan cepat, Jack berlari keluar dan menusuk dada Blunderbore yang masih tercekik hingga mati. Akhirnya, Jack selamat dari cengkeraman raksasa jahat Blunderbore

Pesan moral dari Cerita Anak Pengantar Tidur : Jack Dan Raksasa Blunderbore adalah Jadilah anak pemberani dan banyak akal. Jangan panik saat menghadapi masalah. Tenangkan dirimu dan berpikirlah untuk mencari jalan keluarnya.

Baca cerita rakyat dongeng pengantar tidur lainnya yaitu Kumpulan Dongeng Hewan : 3 Fabel Anak Sebelum Tidur dan Kumpulan Cerita Rakyat Jawa Tengah : Joko Kendil

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.