Cerita Anak Dunia – Dongeng Terbaru Dari Perancis dan Yunani

Seperti janji kakak dulu, bahwa kakak akan selalu menyajikan dongeng terbaru setiap harinya. Kali ini kakak akan bercerita dua cerita rakyat yang berasal dari Perancis dan Yunani. Keduanya merupakan cerita rakyat terpopuler sehingga mungkin kalian pernah membaca dongeng anak ini. Selamat membaca.

Dongeng Terbaru Dari Perancis : Yuk Berbagi

Jean dan Jacques adalah kakak beradik. Saat liburan, mereka berkunjung ke rumah neneknya. Liburan di rumah nenek selalu menyenangkan bagi mereka.

Tetapi pagi ini turun salju. Jean dan Jacques tak bisa keluar rumah. Mereka hanya memandangi salju dari balik jendela. Hingga siang hari, hujan salju mulai reda. Tentu saja Jean dan Jacques sangat senang. Itu artinya mereka bisa bermain di luar rumah.

"Kami ingin bermain salju di luar, Nek.” ucap Jean dan Jacques.

Dengan senang hati sang nenek mengizinkan mereka. Setelah memakai jaket yang tebal, mereka pun keluar rumah. Udara yang dingin tak mengendurkan semangat mereka untuk bermain. Mereka hendak membuat boneka saiju. Jean dan Jacques mencari saiju yang agak menggunung.

Mereka berhasil menemukan gundukan salju. Mereka pun mulai membuat boneka saIju.Tangan-tangan mereka sungguh terampil. Betapa senangnya hati mereka saat menyaksikan boneka saiju yang mereka buat sudah hampir jadi. Hingga tiba-tiba muncul suara burung di salah satu pohon. Burung-burung itu terlihat kedinginan.

"Kasihan sekali burung itu, Jean,"ucap Jacques.

"lya, kita harus menolongnya. Aku akan kembali ke rumah nenek sebentar, kau tunggulah di sini,” balas Jacques.

Jean mengangguk setuju. Jacques bergegas kembali ke rumah nenek. Jacques mengambil semangkuk jagung yang sudah dihaluskan. Setelah itu ia langsung berlari ke tempat Jean.

"Ayo kita beri makan burung-burung itu," seru Jacques.

Jean mengangguk setuju. Mereka langsung mengambil jagung dalam mangkuk dan memberikannya kepada para burung. Kemudian burung-burung itu pun turun dari pohon. Mereka langsung menghampiri makanan yang dibawa oleh Jean dan Jacques.

Dongeng Terbaru Dari Perancis : Yuk Berbagi

Dongeng Terbaru Dari Perancis : Yuk Berbagi

Rupanya benar, burung-burung itu kelaparan dan kedinginan. Semangkuk jagung yang dibawa Jacques habis mereka makan. Setelah jagung-jagung itu habis, burung-burung terbang kembali ke sarangnya. Mereka berkicau senang, seolah-olah mengucapkan terima kasih kepada Jean dan Jacques.

Jean dan Jacques sungguh senang bisa membantu mereka. Esok saat mereka masih di rumah nenek, Jean dan Jacques akan selalu memberikan makanan untuk burung-burung itu.

Pesan moral dari adalah sungguh indah jika kita mau berbagi dan saling menyayangi. Kepada sesama, juga kepada rnakhluk hidup lainnya, seperti binatang.

Cerita Rakyat Terbaru Yunani : Akibat Tak Mau Mengalah

Suatu hari, ada dua ekor kambing yang hendak menyeberang sungai. Sungai itu sangat deras, dan hanya terdapat jembatan kecil untuk menyeberanginya. Jembatan itu hanya bisa dilintasi oleh seekor kambing saja.

Sementara itu, kedua kambing tidak mau mengalah. Satu ekor kambing berada di ujung jembatan, sedangkan satu ekor lainnya berada di ujung jembatan lainnya. Mereka sama-sama maju, hendak melintasi jembatan itu.

"Hei, biarkan aku dulu yang melintasi jembatan ini. Setelah itu barulah kau.” seru si kambing cokelat.

"Aku lebih tua darimu. Kaulah yang harus mengalah," jawab si kambing putih, tak mau kalah.

"Enak saja! Aku lebih dulu tiba di ujung jembatan ini daripada kau.” kambing cokelat pun sama egoisnya.

Cerita Rakyat Terbaru Yunani : Akibat Tak Mau Mengalah

Cerita Rakyat Terbaru Yunani : Akibat Tak Mau Mengalah

Kedua kambing itu benar-benar tidak mau mengalah. Mereka sama-sama maju ke tengah jembatan. Keduanya lantas memutuskan untuk beradu tanduk.

"Baiklah, siapa pun yang menang nanti, dialah yang akan melintasi jembatan ini! Yang kalah pasti akan hanyut ke sungai yang deras ini!" seru kambing cokelat.

Si kambing putih setuju. Kemudian mereka pun saling seruduk. Karena jembatan itu terlalu kecil dan sempit, kedua kambing tak bisa menyeimbangkan tubuh mereka masing-masing. Akhirnya kedua kambing itu pun terjatuh ke sungai. Mereka hanyut terbawa arus sungai yang deras. Andai saja mereka tidak egois dan mau mengalah, pastilah hal ini tidak akan terjadi.

Pesan moral dari kisah rakyat terbaru Yunani adalah berpikirlah saat hendak melakukan sesuatu. Jangan mau menang sendiri, sebab hal itu hanya akan menghancurkan dirimu.

Ikuti cerita fabel terbaru pada blog kesayangan kita ini pada artikel kumpulan cerita fabel terbaru

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.