Cerita Anak Anak Sebelum Tidur Kamboja : Khek Menjual Keledai

Cerita anak anak sebelum tidur kisah Khek menjual keledai merupakan cerita rakyat Kamboja yang sangat popular. Kisah ini sering kali diceritakan di sekolah sekolah di seluruh dunia. Kali ini kakak menceritakannya untuk kalian agar kalian menjadi anak yang berpendirian teguh.

Cerita Anak Anak Sebelum Tidur Kamboja : Kisah Khek Menjual Keledai

Dahulu, ada seorang ayah bernama Khek yang hidup bersama anaknya. Khek memiliki seekor keledai.

Suatu hari, Khek akan menjual keledai miliknya ke Desa Kompang.

"Kalau aku biarkan keledai ini berjalan kaki, dia akan kurus karena kelelahan. Kalau dia kurus, maka harganya akan turun," pikir Khek.

Akhirnya, Khek dan anaknya memanggul keledai itu. Di tengah perjalanan, mereka ditertawakan penduduk desa.

"Keledai itu untuk ditunggangi, bukan untuk dipanggul," kata mereka.

Khek lalu menyuruh anaknya menunggangi keledai. Khek sendiri berjalan di belakang agar beban keledai tidak terlalu berat.

Ketika sampai di suatu desa, ada seorang laki-laki berkata, "Tega sekali kau membiarkan ayahmu berjalan kaki, sementara kau asyik duduk di atas keledai. Dasar anak durhaka!"

Mendengar hal itu, anak Khek segera turun dari punggung keledai. Kali ini giliran Khek yang menunggangi keledai.

Ketika sampai di desa berikutnya, seorang pemuda menegur Khek, "Tega sekali kau membiarkan anakmu yang masih kecil berjalan kaki, sedangkan kau asyik naik keledai. Harusnya kau yang berjalan kaki, kakimu tentu lebih kuat daripada anakmu."

Khek akhirnya memutuskan menunggangi keledai itu bersama anaknya. Ketika melewati pasar, ada seorang prajurit yang melihat mereka.

"Kalian bodoh sekali. Kalau keledai itu kalian tunggangi, nanti dia akan kurus karena kelelahan. Kalau dia kurus, maka harganya akan turun," kata prajurit.

Mendengar hal itu, Khek kebingungan. Sepertinya apa yang mereka lakukan salah semua.

Cerita Anak Anak Sebelum Tidur Kamboja

Cerita Anak Anak Sebelum Tidur Kamboja

Akhirnya,Khek dan anaknya turun dari punggung keledai. Mereka menuntun keledai itu bersama-sama ke Desa Kompang. Mereka tidak mempedulikan lagi perkataan orang lain.

Sesampainya di Desa Kompang, mereka berhasil menjual keledai itu dengan harga yang pantas.

Kepribadian yang bisa diambil dari Cerita Anak Anak Sebelum Tidur Kamboja : Khek Menjual Keledai adalah Berpendirian kuat. Kita tidak bisa menyenangkan semua orang. Lakukanlah yang terbaik yang bisa kita lakukan.

Baca juga Cerita Anak Anak Sebelum Tidur Kamboja terpopuler lainnya pada posting berikut iniĀ Kumpulan Dongeng Anak Sebelum Tidur Terpopuler

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.